Panduan

Temukan Panduan Cara Pakai di Sini

Umum

Berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk menggunakan aplikasi Majoolite?

Majoolite adalah aplikasi yang disediakan majoo untuk mendukung bisnis kecil atau bisnis baru. Seluruh fitur dan layanan yang tersedia di aplikasi ini bersifat gratis alias bebas biaya akan tetapi user akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000/bulan untuk penyimpanan data pada aplikasi. Kamu bisa hemat lebih banyak dengan pilihan paket penyimpanan data:
1. Paket 3 bulan (Rp65 rb)2. Paket 6 bulan (Rp125 rb)3. Paket 12 bulan (Rp150 rb)

Apakah Majoolite tersedia pada perangkat iOS?

Saat ini majoolite tersedia di sistem operasi Android dan iOS yang dapat kamu download di Googleplay Store dan Apple Store.

Apakah ada syarat khusus jika saya ingin mendaftar di Majoolite?

Apapun jenis dan skala usahanya, Anda bebas untuk menggunakan fitur dan layanan Majoolite. Pastikan saja email yang Anda gunakan belum pernah didaftarkan di Majoolite sebelumnya dan tidak sedang terdaftar di paket langganan Majoo reguler.

Apa yang membedakan aplikasi Majoolite dengan Majoo versi reguler?

Majoolite menyediakan sejumlah fitur dasar untuk membantu pengelolaan usaha mikro menjadi lebih efisien. Fitur-fitur yang dimaksud meliputi: pencatatan transaksi, pengaturan karyawan, manajemen produk, cetak struk, dan masih banyak lagi. Untuk fitur-fitur pengelolaan usaha yang lebih mendetail, termasuk pengaturan komisi karyawan, laporan keuangan, dan manajemen stok, Anda bisa menggunakan aplikasi wirausaha Majoo versi reguler.

Apakah data yang disimpan di Majoolite aman?

Majoo menjamin kerahasiaan dan keamanan data outlet anda

Apakah terdapat syarat minimum device untuk bisa menggunakan aplikasi majoolite?

Agar bisa menjalankan aplikasi majoolite dengan baik, Anda wajib menggunakan minimal perangkat berbasis Android 5.1 atau iOS 13 dengan RAM 3GB dan memori penyimpanan internal sebesar 32GB

Pendaftaran & Akun

Saya tidak bisa melihat kode verifikasi karena email saya tidak bisa diakses, langkah apa yang bisa saya lakukan?

Jika kendala terjadi selama proses pendaftaran, Anda disarankan melakukan pendaftaran ulang dengan alamat email yang bisa diakses. Namun jika sudah memiliki akun Majoolite, Anda dapat melakukan perubahan data email melalui menu pengaturan profil di dalam aplikasi.

Bagaimana jika saya lupa kata sandi?

Anda bisa memilih opsi ‘lupa kata sandi’ di halaman login. Aplikasi Majoolite kemudian akan meminta Anda untuk memasukkan alamat email terdaftar. Selanjutnya, kode verifikasi untuk mengubah kata sandi akan dikirim ke alamat email tersebut. Masukkan kode verifikasi di aplikasi dan Anda bisa melakukan pengaturan ulang kata sandi melalui form yang tersedia. Setelah kata sandi baru berhasil disimpan, Anda bisa langsung melakukan login dengan menggunakan kata sandi yang baru saja diubah.

Bagaimana jika saya tidak mendapatkan kode verifikasi?

Anda bisa meminta pengiriman ulang kode verifikasi dengan memilih opsi ‘kirim ulang kode verifikasi’. Selain, cobalah untuk memeriksa folder spam di alamat email Anda.

Pengaturan Profil & Perangkat

Apakah saya bisa mengganti data pribadi (data diri dan data outlet) di Majoolite?

Majoo menjamin kerahasiaan dan keamanan data outlet anda. Anda bisa mengubah data pribadi melalui menu ‘Lainnya’ > ‘Pengaturan’ > ‘Pengaturan Owner/Pengaturan Toko

Apakah saya bisa menyambungkan Majoolite dengan printer untuk melakukan cetak struk?

Anda bisa mengatur konektivitas aplikasi Majoolite dengan printer melalui menu ‘Lainnya’ > ‘Pengaturan’ > ‘Perangkat’

Printer seperti apa yang bisa digunakan untuk melakukan cetak struk?

Anda bisa menggunakan printer thermal yang telah mendukung konektivitas melalui Bluetooth. Tidak ada merek atau tipe khusus selama printer thermal memiliki koneksi Bluetooth maka akan bisa tersambung dengan aplikasi, sedangkan untuk printer thermal yang dicoba dalam proses pembuatan aplikasi ini adalah Printer Panda PRJ-58B dan PRJ-R58D.

Pengaturan Produk

Apakah ada batasan untuk melakukan input data produk dan kategori?

Saat ini Majoolite mendukung manajemen produk hingga maksimal 500 produk dan kategori berbeda. Untuk usaha dengan skala yang lebih besar, kami menyarankan Anda untuk menggunakan Majoo versi reguler.

Apakah saya bisa mengubah maupun menghapus data produk dan kategori?

Anda bisa menghapus maupun melakukan perubahan data produk dan kategori melalui menu ‘Produk’.

Apakah saya bisa melakukan pengaturan stok untuk setiap produk?

Anda bisa melakukan pengaturan stok di produk majoolite dengan cara memilih opsi stok aktif dan memasukkan nilai atau jumlah stok dari produk tersebut.

Bagaimana cara mengaktifkan produk untuk toko online?

Produk majoolite sudah terintegrasi dengan toko online, dengan menyimpan data produk pada aplikasi majoolite secara otomatis produk akan tampil juga pada toko online anda.

Pencatatan Transaksi

Bagaimana cara mencatat transaksi penjualan produk di Majoolite?

Dari halaman utama, Anda bisa pilih menu ‘Penjualan’. Selanjutnya tap foto atau nama produk, tap nominal transaksi, pilih ‘Bayar Sekarang’, pilih metode pembayaran, dan tekan tulisan ‘Bayar’.

Apakah saya bisa menambahkan diskon dan biaya lain pada transaksi?

Diskon dan Biaya Lain bisa ditambahkan pada transaksi penjualan dengan memilih dan menginputkan masing masing nominal nya pada halaman rincian pesanan.

Apakah saya bisa menambahkan pajak dan service charge pada transaksi?

Pajak dan Service Charge bisa ditambahkan pada transaksi dengan cara mengaktifkan pajak dan service charge pada pengaturan majoolite serta mengatur besaran nilai dan jenis dari pajak dan service charge yang ingin diterapkan.

Apakah saya bisa mencetak struk bukti transaksi?

Mencetak struk bisa dilakukan dengan menekan tombol ‘Cetak Struk’ setelah sebuah transaksi selesai dicatat.

Apakah saya bisa mengirim struk kepada pelanggan?

Mengirim struk bisa dilakukan dengan cara menekan tombol ‘Kirim Struk’ setelah sebuah transaksi selesai dicatat.

Metode pembayaran apa saja yang tersedia di Majoolite?

Majoolite mendukung metode pembayaran tunai dan non tunai.

Apakah majoo mendukung pembayaran dengan uang elektronik?

Ya. Outlet bisa menerima pembayaran dengan Dana, Go Pay, OVO, Link Aja, dan Shopeepay. Selain itu, aplikasi wirausaha majoo juga bisa terintegrasi dengan QRIS (Quick Response Indonesian Standard). Dengan demikian, outlet juga mendukung transaksi dari semua digital wallet yang sudah terdaftar di Bank Indonesia.

Apakah saya bisa menerima order online?

Majoolite masih belum mendukung pencatatan pesanan secara online. Jika usaha Anda membutuhkan manajemen integrasi food order dan marketplace yang lengkap dan praktis, kami sangat menyarankan Anda untuk menjajal aplikasi Majoo versi reguler.

Apakah saya bisa melakukan pembatalan transaksi?

Pembatalan transaksi bisa dilakukan dengan cara memilih batalkan transaksi pada data penjualan di laporan penjualan.

Apakah seluruh data transaksi saya tersimpan di Majoolite?

Anda bisa mengakses seluruh catatan transaksi outlet hingga 12 bulan terakhir. Hal ini bisa dilakukan langsung melalui aplikasi Majoolite, tanpa perlu melakukan login ulang ke halaman dashboard tambahan.

Laporan

Apakah saya bisa melihat seluruh data penjualan saya di Majoolite?

Anda bisa mengakses data-data penjualan hingga 12 bulan terakhir. Hal ini bisa dilakukan langsung melalui aplikasi Majoolite, tanpa perlu melakukan login ulang ke halaman dashboard tambahan.

Apakah laporan yang tampil di Majoolite bisa dicetak atau dikirim?

Saat ini aplikasi Majoolite belum mendukung pengiriman maupun pencetakan dokumen laporan. Jika bisnis Anda membutuhkan sistem pencatatan laporan yang komprehensif dan bisa di-download dari mana saja, kami sangat menyarankan Anda untuk mencoba aplikasi Majoo versi reguler.

Toko Online

Apa saja yang harus dilakukan untuk mengaktifkan toko online di majoolite?

Anda harus masuk ke pengaturan toko online, menyetujui syarat dan ketentuan toko online majoolite maka toko online akan akan aktif dan anda akan diarahkan untuk mengatur beberapa pengaturan terkait toko online tersebut.

Bagaimana saya dapat melihat toko online saya?

Jika sudah aktif anda bisa melakukan lihat toko online melalui pintasan di halaman beranda atau melalui pengaturan toko online.

Apakah saya bisa mengatur alamat atau link toko online?

Majoolite memberikan opsi pada pengaturan toko online untuk mengatur alamat toko. Anda bisa mengubah dan mengatur alamat toko online selama alamat tersebut belum digunakan oleh pengguna majoolite yang lain.

Bagaimana saya menentukan layanan pengiriman produk pada toko online?

Majoo bekerja sama dengan pihak penyedia layanan untuk mendukung proses pengiriman pada toko online. Silahkan pilih pengaturan toko online lalu layanan pengiriman untuk melihat dan menentukan pengiriman apa saja yang akan digunakan.

Apakah saya bisa mengirim produk menggunakan kurir toko saya?

Majoolite belum mendukung pengiriman dengan kurir internal. Namun jika Anda tertarik untuk menggunakan pengiriman kurir internal, Anda bisa mencoba aplikasi majoo versi reguler.

Bagaimana saya mengatur produk untuk toko online?

Toko online majoolite sudah terintegrasi dengan menu produk yang terdapat di dalam aplikasi majoolite. Produk yang diinputkan pada menu produk tersebut secara otomatis menjadi produk pada toko online juga.

Bagaimana saya menerima transaksi toko online?

Jika ada transaksi toko online yang terjadi maka akan ada notifikasi di aplikasi majoolite yang memberitahukan ada transaksi toko online yang masuk. Untuk halaman nya terdapat di daftar order pada menu penjualan.

Bagaimana saya bisa melakukan penarikan uang dari hasil penjualan di toko online?

Anda bisa melakukan penarikan saldo toko online melalui halaman saldo toko online pada aplikasi majoolite. Penarikan dana sesuai dengan ketentuan dari majoo yang mana sudah juga diinfokan pada saat proses penarikan saldo dilakukan.

Keuangan

Bagaimana saya melakukan input data keuangan?

Untuk menginputkan data keuangan di majoolite anda bisa masuk ke menu keuangan lalu melakukan tambah data

Data keuangan apa yang bisa diinputkan?

Anda bisa melakukan input data pemasukan dan pengeluaran outlet.

Lainnya

Bagaimana saya melakukan penarikan dari penjualan menggunakan QRIS?

Untuk dana dari transaksi menggunakan QRIS, dana bisa di dapatkan user secara otomatis di H+1 selama hasil penjualan QRIS sudah memenuhi minimum untuk dilakukan transfer ke user.

Training

Saya mengalami kesulitan untuk menggunakan majoolite, apakah ada program atau sarana khusus yang bisa saya gunakan terkait ini?

majoolite mengadakan sesi pelatihan atau training online secara reguler sebanyak tiga kali per pekan. Anda bisa mengikuti sesi Senin (11.00-12.00 WIB), Rabu (09.00-10.00 WIB), atau Jumat (16.00-17.00 WIB) dengan bergabung di link majoolite.id/training

Apakah sesi training ini hanya terbatas untuk mereka yang sudah meng-install atau membeli paket penyimpanan data majoolite?

Sesi training yang diadakan majoolite terbuka dan bisa diikuti oleh siapapun yang tertarik untuk mengetahui dan mempelajari majoolite lebih dalam.

Pada sesi ini Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait program majoo winner untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui majoolite.

Saya tertarik dengan program majoo winner, seperti apa cara kerjanya?

Melalui program majoo winner, Anda akan berperan sebagai agent yang bertugas mengajak para pelaku UMKM untuk merasakan manfaat dan kemudahan digitalisasi usaha menggunakan majoolite.

Anda akan mendapatkan kompensasi khusus untuk setiap merchant yang berhasil melakukan digitalisasi menggunakan majoolite. Untuk informasi selengkapnya, pastikan mengikuti sesi training yang diadakan majoolite setiap pekannya.